Luar Biasa! Ini Deretan Manfaat Puasa Bagi Tubuh Kata Dokter

Ilustrasi puasa
Sumber :
  • Viva news

VIVA Jabar – Ummat Islam diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh setiap tahunnya. Puasa sendiri merupakan rukun Islam. Karenanya, setiap muslim yang sudah akil baligh dan mencukupi syarat diwajibkan melaksanakan ibadah puasa ramadan.

Bacaan Doa Usai Shalat Idul Fitri, Lengkap dengan Arab dan Terjemahannya

Tidak hanya sebagai kewajiban, ternyata puasa menyimpan manfaat luar biasa bagi tubuh orang yang melakukannya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa memberikan dampak positif bagi kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan, memperbaiki metabolisme tubuh, hingga meningkatkan fungsi kognitif.

Dilansir dari kanal YouTube Kata Dokter sebagaimana dikutip IntipSeleb, dr. Gammarida Magfirah memaparkan manfaat puasa bagi otak dan darah sebagai berikut:

Hukum Mencicip Masakan saat Puasa Ramadan, Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

1. Otak Jadi Lebih Fokus

Ketika puasa, otak biasanya menjadi lebih fokus karena tubuh menjadi lebih rileks. Kemudian mediator inflamasi juga menurun pada saat berpuasa kemudian hantaran antar syaraf juga bisa menjadi lebih sensitif sehingga akan meningkatkan fungsi fokus dari otak itu sendiri. Jadi, betul bahwa puasa bisa memengaruhi fungsi otak ke arah yang lebih baik.

Persib Bandung Bongkar Siasat Jaga Fisik di Bulan Ramadan

2. Mengurangi risiko penyakit alzheimer atau parkinson

Puasa juga bisa meningkatkan fokus karena peningkatan dari beberapa hormon yang berfungsi untuk membantu daya ingat dan kognitif sehingga pada pasien alzheimer yang rutin puasa dengan cara yang baik dan benar tentu akan meminimalisir risiko dan komplikasi yang terjadi.

Halaman Selanjutnya
img_title