Ridwan Kamil Sarankan Ponpes Al Zaytun Ditutup, Begini Kata Mahfud MD

Mahfud MD
Sumber :
  • Tangkap layar

VIVA Jabar – Polemik Ponpes Al Zaytun di Indramayu masih terus bergulir. Teranyar, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta ponpes yang diduga mengajarkan aliran sesat ini segera dibubarkan.

Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil Ono Surono Duet di Pilgub Jabar

Terkait hal ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD buka suara terkait rekomendasi pencabutan izin hingga pembubaran Ponpes Al Zaytun.

Menurut Mahfud, pihaknya belum sampai pada kesimpulan pencabutan izin pondok pesantren tersebut. Sebab, kata Mahfud, pemerintah selama ini belum pernah melakukan penutupan pondok pesantren.

Jelang Pilkada Serentak 2024, Bey Machmudin Tegaskan Hal ini

Sekalipun ada tindak pidana yang dilakukan oleh pengurus. Hal ini, kata Mahfud, menjadi ranah masalah pribadi sosok yang bermasalah tersebut.

"Kita belum sampai ke kesimpulan itu, tapi selama ini kita belum pernah menutup pondok pesantren," ujar Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (4/7/2023).

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia Lolos ke Babak Selanjutnya di Piala Asia U-23

Mahfud pun mencontohkan Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo yang didirikan oleh Abu Bakar Baasyir, mantan napi terorisme.

"Termasuk pondok pesantren yang seperti Al Mukmin sekalipun, kita tidak (menutup). Tapi kalau pribadi yang melakukan pidana ya kita.Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan rekomendasi untuk membekukan hingga pembubaran Pondok Pesantren Al Zaytun. Hal tersebut disampaikannya di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 3 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title