Harapan Para Alumni, Syekh Panji Gumilang Dapat Menyelesaikan Polemik Ini

Panji Gumilang (kanan) dan putrinya Anis Khairunnisa
Sumber :
  • Kolase

VIVA Jabar - Kasus polemik di Ponpes al-Zaytun terus berlanjut, pendapat demi pendapat pun terus bermunculan. Salah satunya datang dari sejumlah alumni Pondok Pesantren (ponpes) Al Zaytun buka suara terkait dengan polemik yang terjadi dan menyeret sang pimpinan, Panji Gumilang.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Para alumni ini yakin Panji Gumilang dapat menyelesaikan polemik tersebut. Keyakinan itu disampaikan langsung oleh salah satu perwakilan alumni ponpes Al Zaytun melalui akun YouTube Al Zaytun Official.

Perwakilan alumni itu menyampaikan pihaknya merupakan alumnus dari angkatan pertama sampai angkatan 19. Mereka disebutnya tergabung dalam satu wadah ikatan alumni Al Zaytun.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

“Menyampaikan ungkapan bahwa apa yang terjadi, hingar-bingar terhadap almamater kami. Kami yakin ini dapat diselesaikan dengan baik. Dan, tentunya ini semua dapat dipertanggungjawabkan oleh pendiri, pembimbing, orang tua kita bersama yaitu yang amat terhormat syeh profesor doktor Panji Gumilang," kata salah satu perwakilan alumni, dikutip pada Jumat, 7 Juli 2023.

Salah seorang perwakilan alumni lainnya bahkan mengajak agar seluruh alumni ponpes Al Zaytun untuk menyatukan pandangan agar pendidikan yang berjalan di pondok pesantren itu bisa berjalan dengan baik.

Bongkar Cerita Lama, Ahok Ngaku Dipenjara Agar Jokowi Menang di Pilpres 2019

"Mari satukan pandangan untuk menjaga institusi pendidikan kita berjalan dengan baik. Kami yakin bahwa pendidikan di Al Zaytun akan terus berjalan," ujarnya.

"Tidak ada siapapun yang bisa menghentikan karena ini adalah wujud pendidikan Indonesia," ujar salah satu perwakilan. Salah satu perwakilan itu melanjutkan, jika ada alumni yang membicarakan pengambilalihan Ponpes Al Zaytun maka diduga dia telah terprovokasi.

Halaman Selanjutnya
img_title