Santri Ponpes Al-Zaytun Sebut Fardhu Wudhu Ada 9, Netizen Langsung 'Ngebom'

Kemenag Indramayu saat shilaturahmi ke Ponpes Al-Zaytun
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Indramayu, beberapa bulan terakhir menjadi ramai di kanal pemberitaan tanah air. Tak hanya soal ajarannya yang dianggap menyimpang, tapi pernyataan-pernyataan Panji Gumilang selaku pimpinan pesantren tersebut juga kerap kali nyeleneh.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Di samping itu, di balik megah dan luasnya lahan Ponpes yang terletak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu Jawa Barat itu, dapat pula diukur kualitas keilmuan santrinya santrinya.

Salah satu santri Ponpes Al-Zaytun yang akhir-akhir ini viral adalah anak bernama Fazil, ia diketahui sudah 11 tahun mondok dan belajar di Ponpes asuhan Panji Gumilang tersebut.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Pada sebuah kesempatan Fazil terlibat diskusi dengan anak yang usia kira-kira sebaya. Dalam diskusi yang diviralkan oleh @wongdesooraiso itu, Fazil ditanya fardhu wudhu. Ia nampak gelagapan menjawabnya.

“Lu kan 11 tahun nih mondok di Al Zaytun, gue pengen nanya ama lu. Ada berapa fardhu wudhu?” tanya seseorang kepada santri Al Zaytun, dikutip dari akun TikTok @wongdesooraiso, Senin, 26 Juni 2023.

Penangguhan Penahanannya Belum Dikabulkan, Kuasa Hukum Panji Gumilang Ajukan Pemeriksaan Kesehatan

“Fardhu wudhu ya niat, terus e,” jawab Fazil yang tak bisa menjawab dengan tegas soal fardhu wudhu. Ia seperti tidak mengetahui fardhu wudhu. Fazil mengaku lupa soal jumlah fardhu wudhu.

“Untuk jumlahnya gue lupa, kalau dipraktekin gue tahu,” ujarnya membela diri.

Halaman Selanjutnya
img_title