Begini Kata Mahfud MD Soal Pencabutan Izin Ponpes Al Zaytun

Mahfud MD
Sumber :
  • Tangkap layar

VIVA Jabar – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD angkat bicara soal rekomendasi pencabutan izin hingga pembubaran Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Mahfud menegaskan pihaknya belum membahas soal rekomendasi pencabutan izin Ponpes Al Zaytun. Pasalnya, pemerintah selama ini belum pernah melakukan penutupan pondok pesantren, sekalipun ada tindak pidana yang dilakukan oleh pengurus. 

"Kita belum sampai ke kesimpulan itu, tapi selama ini kita belum pernah menutup pondok pesantren," ujar Mahfud di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Juli 2023.

Update KPU: Prabowo-Gibran Rebut Kemenangan di Kepulauan Riau

Mahfud pun mencontohkan Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo yang didirikan oleh Abu Bakar Baasyir, mantan napi terorisme.

"Termasuk pondok pesantren yang seperti Al Mukmin sekalipun, kita tidak (menutup). Tapi kalau pribadi yang melakukan pidana ya kita... Tapi itu akan di baca dulu," ucapnya.

Kronologi Minimarket Viral yang Bikin Aa Gym Geram, Tak Punya Izin dan Ganggu Ibadah

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan ada rekomendasi untuk membekukan hingga pembubaran Pondok Pesantren Al-Zaytun. Hal tersebut disampaikannya di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 3 Juni 2023.

Menurutnya, langkah itu harus dilakukan secara bijak dan memberi solusi agar ribuan yang sudah berstatus murid atau santri disana bisa diberikan solusi pendidikan seadil-adilnya.

Halaman Selanjutnya
img_title