Mencuci Daging Sebelum Disimpan, Perlukah?

Ilustrasi daging
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Setiap perayaan Hari Raya Idul Adha akan dilaksanakan penyembelihan hewan kurban berupa kambing atau sapi. Di momen ini, daging kurban ini akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar masjid. 

Bak Hantu, Gurita Bertelinga Besar Hidup di Bagian Paling Dasar Laut Hawaii

Lantaran banyaknya daging yang didapatkan, umumnya tidak semua daging akan langsung diolah. Sisa daging akan disimpan di dalam lemari es agar awet dan tidak cepat membusuk.

Dalam menyimpan daging kurban terkadang masih banyak orang yang bingung perlukah kita membersihkannya terlebih dahulu sebelum disimpan dan dimasukkan ke dalam freezer. Spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, AIFOK menjelaskan bahwa daging tidak boleh dicuci. 

Meski Sistem Saraf Sederhana dan Otak Tak Terpusat, Cara Berfikir Ubur-ubur Lebih Hebat

"Kalau daging, semua daging kalau cuci air mengalir otomatis paparan bakteri tinggi. Apalagi kalau kita biasanya mencuci daging di tempat cuci piring, bakterinya tinggi sekali," kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Senin 26 Juni 2023.

Putri menambahkan bahwa untuk menyimpan daging merah bisa langsung memasukkannya ke freezer tanpa harus mencucinya terlebih dahulu.

Meski Kondisi Belum Sepenuhnya Stabil, Sebagian Pedagang di Pasar Kutabumi Nekat Berjualan

"Yang kurang dianjurkan adalah kalau kita cuci dulu, kalau misalkan mau diolah seminggu lagi masukkin ke freezer saja nanti kalau mau diolah baru marinasi," kata dia.

"Atau kalau mau dimasak hari ini atau besok dimarinasi hari ini kemudian ditutup di wadah kedap udara agar tidak terpapar bakteri dari isi kulkas lainnya," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title