Moms! Jangan Anggap Sepele Polusi Dapur Usai Memasak, Bisa Timbulkan Dampak Ini

Ilustrasi Memasak
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Jika kamu suka memasak, wajib mengetahui cara menata sirkulasi udara di dapur. Cara menata sirkulasi yang salah di dapur dapat menyebabkan suasana panas di dapur dan bau masakan yang tidak kunjung hilang akan mengganggu kamu saat memasak.

Gudang Peluru Milik TNI AD di Bogor Kebakaran, Warga Dekat Lokasi Dievakuasi

Tak hanya itu, sirkulasi yang buruk di dapur juga berakibat fatal hingga dapat menyebabkan kebakaran. Hal ini diungkap oleh celebrity Chef, Norman Ismail. 

“Penting sekali karena aktivitas di dapur sangat banyak. Sisa polutan setelah masak terkadang masih menempel di udara. Karena kondisi kebakaran itu karena ada gas sisa nempel di dapur, ketika menyalakan kompor apinya menyambar sisa gas yang menempel,” kata dia dalam press conference peluncuran Pendant Hood Rinnai di Kawasan Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2023) lalu.

Diduga karena Korsleting Listrik, Ratusan Kios Pasar Cipunagara Ludes Dilalap Api

Lebih lanjut diungkap Norman bahwa untuk mencegah terjadi kebakaran akibat tidak adanya sirkulasi. Penting bagi masyarakat untuk membuka pintu atau jendela agar sisa polutan atau asap setelah memasak bisa hilang. 

Hiswana Migas DPC Subang Usul Tambahan Gas LPG 150 Persen ke Pertamina

“Paling aman kalau kondisi dapur kita agak sedikit ketutup biasakan sebelum menyalakan kompor buka-bukain dulu (jendela) biar bertukar dulu udaranya,” kata dia. 

Selain itu ketika posisi gas yang terus menempel pada kompor, penting mengecek kondisi selang gas apakah adanya kemungkinan gas bocor atau tidak sebelum menyalakan kompor. 

Halaman Selanjutnya
img_title