Jenazah Lukas Enembe akan Diterbangkan ke Papua Rabu Malam

Gubernur Papua Non-Aktif Lukas Enembe
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA JabarMantan Gubernur Papua, Lukas Enembe dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Lukas menghembuskan napas teraihirnya pada Selasa, 26 Desember 2023 sekitar jam 10.00 WIB saat dalam perawatan.

7 Aparat Alami Luka-luka Akibat Kerusuhan Massa Pengantar Jenazah Lukas Enembe

"Benar, (meninggal dunia) pukul 10.45 WIB," kata Kepala RSPAD, Jenderal TNI dr. Albertus Budi Sulistya di Jakarta (26/12/2023).

Sementara itu, kuasa hukum Luka Enembe yakni Petrus Bala Pattyona mengabarkan bahwa jenazah Lukas Enembe akan dibawa ke Jayapura, Papua besok, Rabu 27 Desember 2023. Sedangkan malam ini, jenazah sementara akan disemayamkan di rumah duka RSPAD.

Massa Pengantar Jenazah Lukas Enembe Ricuh, 25 Ruko Dibakar

Kendati demikian, Petrus belum bisa memastikan apakah jenazah Lukas Enembe akan langsung dimakamkan atau tidak saat tiba di Pulau Mutiara Hitam itu. Ia hanya menegaskan kalau jenazah akan diterbangkan besok.

"Jadi kita belum tahu rencananya di Papua seperti apa, karena kami masih di kamar perawatan dan belum berpindah ke rumah duka. Kami juga belum melakukan koordinasi dengan Pemda seperti apa dan keluarga seperti apa," katanya.

Sakit Ginjal, Lukas Enembe Cuci Darah 15 Kali Sebelum Meninggal Dunia

Diinformasikan sebelumnya, kuasa hukum Lukas Enembe yang lain, Antonius Eko Nugroho mengungkapkan permintaan terakhir kliennya. Menurutnya, sebelum meninggal Lukas meminta untuk berdiri.

"Menurut keterangan keluarga mendiang, yang setia mendampingi dan merawat beliau, Bapak Pianus Enembe, sebelum meninggal, Bapak Lukas minta berdiri, kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas, tidak lama berdiri, Bapak Lukas menghembuskan nafas terakhirnya," ujar Antonius, dikutip dari viva.co.id pada Selasa, 26 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title