Panji Gumilang Tidak 'Takut' MUI Bakal Investigasi Ponpes Al Zaytun

Panji Gumilang
Sumber :
  • Tangkap layar

VIVA Jabar – Buntut dari ajaran-ajaran yang dianggap kontroversi, Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu dikabarkan akan didatangi langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Melalui tim khusus, MUI akan mengklarifikasi langsung kepada Panji Gumilang, pimpinan Ponpes Al Zaytun. 

Melihat Tradisi Penyapu Koin Bertaruh Nyawa di Pantura Indramayu

Kabar tersebut diungkap langsung oleh Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian Prof. Utang Ranuwijaya yang diunggah oleh akun TikTok @herrypatoeng, pada Kamis, 8 Juni 2023. Utang menyebut bahwa MUI sudah bersurat secara resmi ke Ponpes Al Zaytun.

"Peneliti sekarang sedang menyiapkan diri untuk turun ke lapangan, kelihatannya pekan depan lah akan turun ke lapangan," kata Prof. Utang Ranuwijaya terlihat dalam video sedang diwawancarai, dikutip Jumat, 9 Juni 2023.

Tradisi Menyapu Uang di Jembatan Sewoharjo, Demi Memenuhi Kebutuhan Lebaran

Tujuan MUI datang ke Ponpes Al Zaytun adalah untuk mendapatkan langsung data-data lapangan, termasuk keterangan dari Panji Gumilang dan Abu Toto. Hal tersebut membuktikan bahwa MUI serius menangani aktivitas keagamaan di Al Zaytun.

Utang juga mengatakan bahwa kunjungan itu untuk menepis anggapan bahwa MUI berpendapat sepihak. Pendapat sepihak itu adalah soal polemik dan kontroversi di Pondok Pesantren Al Zaytun yang dalam beberapa waktu lalu menjadi sorotan.

MUI Ungkap Alasan Larang Film Kiblat Tayang di Bioskop

Panji Gumilang kemudian mengetahui akan adanya investigasi yang dilakukan terhadap ponpes yang dipimpinnya. Namun, ia merasa tidak takut dengan ancaman tersebut dan seakan ‘menantang’ MUI untuk membuktikan ajaran di Ponpes Al Zaytun.

"Terserah mau difatwai MUI haram, makruh maupun halal," ungkapnya dalam video yang beredar di akun TikTok @herrypatoeng.

Halaman Selanjutnya
img_title