Pakar Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati, Duga Panji Gumilang Mengidap Penyakit Ini

Pakar Komunikasi ini sebut Panji Gumilang Alami penyakit ini
Sumber :
  • intipselep.com

VIVA Jabar Pakar Komunikasi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Uwes Fatoni menduga Panji Gumilang kerap mengeluarkan pernyataan kontroversial dalam kuliahnya karena mengidap sindrom megalomania.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Rumah Panji Gumilang Depok hingga Tanggapan Kombes Latif atas Evaluasi Praktik Pengetesan SIM Menurutnya, sindrom megalomania mendorong pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun yang membuatnya percaya diri dalam mengungkapkan ide-ide di luar syariat Islam dengan maksud agar Panji akan dianggap sebagai sosok yang hebat oleh murid-murid dan pengikutnya.

"Sepertinya Syekh Panji Gumilang mengalami sindrom megalomania dengan merasa bahwa dirinya besar, sehingga memberikan gagasan-gagasan yang ingin menunjukkan bahwa pemikirannya hebat," kata Uwes kepada wartawan, Jumat 23 Juni 2023.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Apalagi posisinya di Pesantren Al Zaytun membuat Panji Gumilang semakin kuat dan semua pernyataannya tidak bisa dibantah oleh para santri.

Namun, ketika ide tersebut muncul di media sosial, maka muncul keresahan di masyarakat. Mengutip beberapa sumber Jumat, 23 Juni 2023, sindrom megalomania adalah keyakinan seseorang bahwa dirinya memiliki keagungan, keagungan, atau kekuasaan.

Viral! Video Sujud Syukur Santri Al-Zaytun Lepas dari Ruang Bawah Tanah? Benarkah?

Keyakinan ini tidak hanya ditunjukkan dengan sikap sombong, tetapi juga bagian dari gangguan jiwa.

Gejala megalomania

Halaman Selanjutnya
img_title