Timnas Indonesia Dapat Cobaan Silih Berganti Jelang Piala AFF, STY Tak Ingin Mengeluh

Pelatih Timnas Indonesia - Shin Tae-yong
Sumber :
  • Screenshot berita tvonenews.com

Jabar – Shin Tae-Yong gagal memboyong sejumlah pemain bintang ke Piala AFF U-23 2023. Namun pria yang akrab disapa STY itu tak mau mengeluh. Timnas U-23 akan memulai perjalanan menuju Piala AFF U-23 2023 dengan menghadapi Malaysia U-23 di pertandingan pertama Grup B.

Baca Peluang Indonesia ke Piala Dunia, Shin Tae-yong Minta Dukungan Suporter

Laga tersebut akan berlangsung pada Jumat malam, 18 Agustus 2023 di Rayong Provincial Stadium. STY telah memilih 23 pemain untuk berpartisipasi dalam turnamen ini. Namun, dirinya tak bisa mendapatkan pemain kunci yang berkarier di luar negeri dan pemain lokal seperti Rizky Ridho dan Dzaky Asraf.

Elkan Baggott Diserang Netizen Lantaran Tak Bela Timnas Indonesia saat Hadapi Guinea

Situasi semakin sulit setelah Komang Teguh dan Titan Agung dibekukan. Padahal mereka masuk dalam daftar 23 pemain yang akan dibawa ke Thailand. Meski begitu, STY menghadapi situasi ini dengan tenang. Dia menyadari bahwa para pesaingnya menghadapi tantangan serupa.

“Persiapan kami untuk bermain di turnamen ini tidak terlalu baik. Saya mengatakan itu karena liga domestik tetap bergulir,” ucap STY.

Move On dari Olimpiade, Shin Tae-yong Baca Peluang Indonesia ke Piala Dunia

“Saya sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia tidak bisa membawa sejumlah beberapa pemain yang diinginkan. Namun hal itu juga dialami tim selain Indonesia seperti Timor Leste, Malaysia, juga Vietnam, serta lainnya,” lanjut STY.

Piala AFF U-23 tidak ada dalam kalender resmi FIFA, sehingga STY tidak bisa memboyong pemain terbaik. Klub berhak tidak melepas pemainnya ke timnas. Lebih lanjut, pelatih negara lain juga menghadapi situasi serupa di Piala AFF U-23 2023, tak heran kebanyakan tim akan menurunkan skuat cadangannya.

Halaman Selanjutnya
img_title