Terkuak Alasan Gagalnya Proses Naturalisasi Joey Suk

Joey Suk
Sumber :
  • Instagram/joeysuk

VIVA Jabar – Timnas Indonesia selangkah lagi menaturalisasi mantan gelandang klub Liga Kroasia, HNK Gorica, Joey Suk pada tahun 2011 silam. Sayangnya, proses naturalisasi tidak dilanjutkan.

2 Pemain Senior Ribut Bikin Suasana Internal Timnas Inggris Memanas

Usut punya usut, proses naturalisasi batal lantaran pemain keturunan Belanda-Indonesia itu tidak datang ketika pengambilan sumpah WNI pada Rabu, 3 Agustus 2011 silam.

Padahal, saat itu Joey Suk sudah dijadwalkan mengambil sumpah WNI bersama Diego Michiels dan Ruben Wuarbanaran.

4 Tim yang Lolos Babak 16 Besar EURO 2024

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberian kewarganegaraan kepada tiga pemain tersebut, yang diproyeksikan untuk memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2011 yang dikeluarkan pada 6 Juli 2011.

Lantaran tak hadir saat pengambilan sumpah WNI, pemerintah memberi waktu selama tiga bulan kepada Joey Suk untuk melakukan proses tersebut.

Chelsea Siap Tebus Mahal Bintang Timnas Spanyol Ini

Namun, sampai tenggat waktu yang diberikan, Suk tetap tidak hadir dengan alasan yang dianggap tidak sah. Maka, Keppres mengenai naturalisasi dirinya pun dinyatakan batal.

Rumor yang beredar kala itu mengatakan, pemain kelahiran Deventer, Belanda 8 Juli 1989 itu memang tidak ingin melanjutkan proses naturalisasi lantaran kisruh di PSSI.

Halaman Selanjutnya
img_title