2 Pemain Timnas U-23 Dilarang Tampil Meski Indonesia Bisa Menembus Babak Final di Piala AFF 2023

Timnas U-22 SEA Games Kamboja
Sumber :
  • Viva.co.id

Jabar – Timnas Indonesia U-23 gagal menurunkan dua pemain di Piala AFF U-23 2023, Komang Teguh dan Titan Agung. Timnas U-23 akan menghadapi Malaysia pada pertandingan pertama Grup B di Rayong Provincial Stadium pada Jumat malam, 18 Agustus 2023.

Bung Towel ke Shin Tae-yong: Jangan Sembunyi Terus di Ketiak Erick Thohir

Ini adalah pertandingan yang sangat penting yang akan menentukan nasib kedua tim yang melaju melalui babak penyisihan grup. Namun masalah besar mengancam Timnas U-23. Garuda Muda tidak akan bisa menurunkan Komang dan Titan karena suspensi dari AFC untuk turnamen ini.

Jadi Penyelamat Indonesia saat Adu Penalti Lawan Korsel, Ernando Ari Ungkap Hal Ini

Masuknya nama Komang dan Titan ke dalam skuat Piala AFF U-23 2023 tentu menimbulkan kontroversi. Itu karena mereka diberi skorsing enam pertandingan. Namun PSSI punya alasan kuat atas keputusan tersebut.

Dapat dipahami bahwa hukuman Komang dan Titan hanya berlaku untuk uji coba resmi sebagaimana tercantum dalam Kalender FIFA. Bahkan, PSSI juga meminta konfirmasi dari AFC untuk menjelaskan situasi Komang dan Titan.

Akhirnya Terbongkar, Ini Rahasia Uzbekistan Belum Pernah Kebobolan di Piala Asia U-23 2024

Sayangnya, balasan itu baru dikirim sehari sebelum pertandingan Malaysia. AFC telah mengkonfirmasi bahwa penangguhan Komang dan Titan akan berlanjut hingga Piala AFF U-23 2023.

Artinya, meski Timnas U-23 bisa saja melaju ke final, namun dipastikan kedua pemain itu tidak akan bisa dimainkan. PSSI belum memberikan pernyataan resmi terkait hal ini. Namun hampir pasti Shin Tae-Yong hanya bisa memanfaatkan 21 pemain yang dibawanya ke Thailand.